Monday, April 14, 2008

MENGANALISIS LINGKUNGAN RUMAH ANDA

Rumah Anda akan menjadi tempat usaha, jadi penting bagi Anda untuk mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan untuk memulai usaha Anda. Misalnya, jika Anda bermaksud menjalankan usaha pembuatan meubel, mungkin Anda akan mengalami kesulitan jika harus bekerja di rumah susun pada tingkat ke-4, walaupun seorang penulis buku dapat nyaman bekerja di lingkungan seperti itu.

Anda harus mengamati setiap segi rumah Anda yang dapat menguntungkan atau mungkin juga menjadi faktor penghambat pekerjaan Anda. Mulailah dengan menjawab kuesioner dibawah ini sehingga Anda mengetahui benar keadaan rumah Anda.

Periksa Lingkungan Rumah Anda
  1. Apa jenis tempat tinggal Anda ( rumah, rumah susun, bungalo, bangsal dan lain-lain)

  2. Berapa jumlah ruangan yang ada?

  3. Berapa umur tempat tinggal Anda?

  4. Dari bahan apa tempat tinggal Anda di bangun?

  5. Apakah tempat tinggal Anda terpisah, atau bagian dari suatu kompleks?

  6. Berapa jumlah bangunan tambahannya (gudang, garasi, dan lain-lain) ?

  7. Berapa jumlah ruangan yang kosong?

  8. Fasilitas apa saja yang ada (misalnya : air panas, gas, listrik, pendingin ruangan, dan lain-lain)?

Informasi ini akan memungkinkan Anda mengetahui apakah tempat tinggal Anda memenuhi syarat sebagai tempat kerja. Misalnya, bekerja di rumah sudah barang entu memerlukan pendingin sentral. Anda tidak mungkin dapat bekerja dengan efektif pada musim panas jika rumah Anda gerah sepanjang hari. Idealnya, Anda harus mempunyai ruangan yang terpisah untuk aktivitas usaha Anda sehingga pekerjaan tersebut tidak mengganggu kehidupan rumah tangga. Juga lingkungan yang terpisah akan lebih baik jika pekerjaan Anda akan menimbulkan kebisingan. Tentu saja Anda tidak perlu pindah rumlah untuk mendapatkan tempat kerja yang nyaman, namun perlu Anda ingat bahwa jika rumah Anda tidak sesuai untuk jenis usaha Anda, hal ini mungkin akan mendatangkan msalah di kemudian hari. Pengaturan yang paling baik adalah:
  • konstruksi bangunan yang kuat dan hangat pada musim dingin
  • ruangan khusus,
  • rumah yang serba lengkap dan terpisah dari kompleks.

Namun jika Anda tidak dapat mewujudkannya, jangan dulu menyerah. Anda masih dapat bekerja di menara kompleks rumah susun asal tidak sampai mengganggu tetangga Anda, dengan asumsi Anda tidak harus mengangkut berton-ton peralatan Anda naik turun tangga! Perhatikan dengan teliti lingkungan Anda.

Bila Anda tidak memiliki ruangan yang kosong, pikirkan jalan keluarnya. Dapatkah Anda mengubah garasi, misalnya, atau dapatkah gudang dipakai? Apakah loteng cukup besar untuk dirubah menjadi ruangan kosong? Pertimbangkan semua alternative ini dan tentukan biaya untuk perbaikannya. Rundingkan dengan keluarga kemungkinan lainnya, seperti menggunakan sebagian ruang makan sebagai kanor Anda. Jika masalah Anda hanya karena tidak adanya ruang sebagai tempat penyimpanan bahan baku, loteng tersebut dapat Anda perbaiki dengan mengeluarkan isinya dan mengobral barang-barang yang tidak terpakai lagi. Mungkin Anda dapat melepas lemari pembaas ruang untuk memecahkan masalah di atas.

Dalam menganalisis lingkungan rumah Anda ada beberapa poin yang harus dipelajari untuk lebih mantap usaha di rumah. Faktor - faktor tersebut seperti :
  1. Ruangan Yang dibutuhkan (cari tahu )
  2. Pertimbangan Hukum ( cari tahu )
  3. Periksa Izin Perencanaan (cari tahu)
  4. Pemilik Rumah sewaan ( cari tahu )
  5. Akta Pemilikan Rumah (cari tahu )
  6. Pegadaian ( cari tahu )
  7. Perlindungan Asuransi ( cari tahu )


No comments: