Sunday, April 13, 2008

Menilai Hubungan Sosial

Pada saat ini, ada baiknya Anda memiliki pandangan bahwa memulai usaha di rumah memiliki nilai lebih daripada sekedar mengajukan ide yang bagus dan berangkat menuju ke pulau jutawan. Anda harus mempertimbangkan dan menganalisis setiap aspek kehidupan Anda, sesuaikah kewirausahaan dengan gaya hidup Anda tanpa menimbulkan banyak masalah.

Satu hal yang sering terlupakan adalah hal yang berkaitan dengan orang lain. Bagaimana reaksi teman-teman Anda? Apa yang akan dikatakan para tetangga? Tetangga Anda mungkin merasa aneh dengan rencana wirausaha Anda yang dapat mengurangi kehidupan sosial Anda dan Anda mungkin lebih banyak meminta pendapat teman-teman Anda. Pertanyaan-pertanyaan pada halaman berikut ini akan membantu Anda dalam menghadapi masalah tersebut.

Bila Anda disarankan untuk memulai usaha di rumah, Anda tentu menginginkan agar para tetangga Anda tildak mengeluh dan merasa keberatan, untuk itu sebaiknya Anda bekerja di ruang yang terpisah. Jika tetangga Anda benar-benar mengeluh dan mengkawatirkan pengaruh pekerjaan Anda terhadap nilai rumah mereka, maka hal ini akan menyusahkan dan mengurangi efektifitas bisnis Anda sehingga penghasilan Anda berkurang. Jadi, ada baiknya Anda memberi tahu tetangga Anda mengenai rencana tersebut sebelumnya dan mencari jalan keluar dengan bermusyawarah untuk menghindari perselisihan. Jika teman-teman Anda berhubungan baik dengan tetangga Anda adalah bijaksana untuk menjalin hubungan baik dengan tetangga dari awal karena setiap masalah dapat menimbulkan riak-riak dalam pergaulan Anda dengan teman-teman Anda.

Periksa Hubungan Sosial Anda :
  1. Bagaimana hubungan Anda dengan tetangga-tetangga Anda ?

  2. Apakah Anda telah memberitahukan rencana Anda kepada tetangga Anda? Jika sudah, apa reaksi pertama mereka?

  3. Apakah tetangga Anda mudah mengeluh?

  4. Apakah tetangga Anda tetap berusaha untuk menahan harga tanah setinggi mungkin?

  5. Apakah Anda memiliki teman-teman yang baik? Dapatkah mereka dijadikan tempat mengadu?

  6. Apakah teman-teman Anda senang bersosialisasi atau mereka senang di rumah?

  7. Apakah teman-teman Anda dapat berbaur dengan tetangga Anda?

  8. Apakah Anda sudah memberi tahu teman-teman Anda tentang rencana Anda berwirausaha? Apa reaksi mereka ?

Dengan perencanaan yang matang masalah ini tidak akan timbul. Walaupun demikian, bekerja di rumah berarti akan ada rasa kesepian, maka Anda mungkin akan meminta waktu ekstra dari teman-teman Anda agar Anda dapat keluar rumah. Lihatlah lingkungan teman-teman Anda dan kemungkinan mereka menerima aktivitas sosial yang meningkat ini. Beritahu teman-teman Anda mengenai kemungkinan ini dan amati reaksi mereka.

Semangat Anda untuk berusaha akan meningkat karena lingkungan sosial yang mendukung. Jadi ada baiknya sekarang Anda memikirkan masalah-masalah yang mungkin muncul di masa yang akan datang.

Untuk memulai usaha di rumah, sebaiknya Anda memiliki :
  • saling pengertian dengan tetangga,
  • hubungan yang baik dengan tetangga, dan
  • teman-teman baik yang dapat diandalkan.


No comments: