Friday, April 11, 2008

Menilai Hubungan Keluarga

Jika sejauh ini jawaban-jawaban Anda menunjukkan bahwa Anda benar-benar mempunyai kepribadian dan kemampuan menjalankan bisnis di rumah, pastikan rencana Anda tidak menimbulkan konflik keluarga. Banyak rumah tangga yang berantakan karena masalah yang berhubungan dengan wirausaha yang tidak diantisipasi sebelumnya. Lebih baik Anda jelaskan pandangan-pandangan Anda kepada keluarga dan eman-teman sejak awal sehingga segala kesulitan dapat diketahui dan didiskusikan. Perama-pertama, jelaskan situasi Anda dengan menggunakan kuesioner berikut ini .

Periksa Situasi Keluarga Anda

  1. Apakah Anda sudah menikah?

  2. Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan pasangan hidup Anda?

  3. Apakah Anda merahasiakan sesuatu dari pasangan Anda?

  4. Apakah Anda sering berselisih?
  5. Apakah pasangan Anda bekerja? Jika ya, apa pekerjaannya?

  6. Apakah Anda mempunyai anak? Jika ya, berapa orang, berapa umur mereka dan kelas berapa sekolah mereka?

  7. Apakah anak-anak Anda menyusahkan Anda / tidak bisa tidur pada malam hari?

  8. Apakah Anda memiliki masalah dengan orang tua Anda?

  9. Apakah Anda memiliki masalah dengan saudara ipar Anda?

  10. Apakah pasangan Anda mengetahui dan mendukung rencana Anda untuk menjalankan usaha di rumah? Jika tidak ada dukungan, mengapa?

  11. Apakah keluarga Anda yang lain mendukung?

  12. Apakah Anda melihat adanya kesulitan dalam pergaulan atau masalah yang dapat timbul di rumah karena Anda merencanakan untuk berwirausaha?

  13. Apakah anggota keluarga Anda yang sekarang mempunyai cacat fisik atau penyakit serius yang membutuhkan perawatan intensif?

  14. Apakah ada pembagian tugas antara Anda dengan pasangan Anda? Apakah sekarang diperlukan adanya perubahan karena Anda bekerja di rumah?

  15. Bagaimana anak-anak Anda dijaga dalam keadaan sehat maupun sakit?

  16. Berapa bagian pemasukan rumah tangga yang akan dihasilkan dari usaha ini menurut rencana Anda?


Setelah menjawab kuesioner di atas, diskusikanlah rencana Anda dengan keluarga. Mintalah mereka untuk turut menjawab kuesioner tersebut sehingga masalah yang belum terbayangkan akan timbul dalam diskusi. Lebih baik Anda menjelaskan segala masalahnya sebelum Anda memulai usaha sehingga dapat diatasi sebelumnya, daripada Anda mlenghadapi kesulitan di masa yang akan datang.

Untuk memulai usaha di rumah, Anda sebaiknya :

  • memiliki pasangan yang penuh pengertian dan mendukung,
  • memiliki keluarga yang penuh pengertian dan mendukung,
  • dalam situasi tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai kehidupan rumah tangga,
  • dalam kondisi tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai anak-anak, dan
  • memiliki keluarga yang sehat.

Selain itu, yakinkan juga bahwa keluarga Anda akan mendukung dan membantu tugas rumah tangga karena waktu Anda akan berkurang untuk mengurus keluarga. Jika pasangan Anda bekerja
full-timer maka Anda berdua akan mempunyai tugas ekstra menangani urusan rumah dan keluarga. Sadarilah dari awal bahwa masalah ini akan timbul sehingga Anda nanti mampu menanggulanginya. Jika Anda mengabaikan hal tersebut maka bisnis di rumah akan membenani kehidupan rumah tangga Anda, yang akan mengurangi kebahagiaan hidup rumah tangga Anda dan juga pada saat yang sama akan mengurangi keuntungan Anda. Maka berhati-hatilah.

No comments: