Monday, April 21, 2008

MEMILIH USAHA YANG TEPAT

Sebenarnya, setiap orang ingin dapat melakukan pekerjaan di rumah. Anda dapat memulai pekerjaan kapan saja Anda suka, Anda dapat bekerja dengan cara yang Anda inginkan, dan tidak perlu kuatir terhadap perintah atasan atau urusan kantor dan gosip! Dari hal-hal tersebut, melakukan usaha dirumah amatlah menarik. Namun, sebagian orang menganggap bahwa menjalankan usaha dirumah sungguh mengerikan. Mereka sangat tertarik melakukan pekerjaan di rumah tetapi mereka takut akan beban tanggung jawab dan ketidakstabilan.

Walaupun Anda dapat mengatasi sendiri masalah keuangan, namun ada sau masalah yang paling penting bagi setiap orang mengenai pertimbangan untuk mempersiapkan usahanya sendiri di rumah - Apa yang harus saya lakukan?

Jika Anda ingin memulai usaha dirumah, makapertimbangan pertama yang harus dipikirkan secara ateliti adalah jenis pekerjaan yang dapat Anda lakukan, dan keuntungan yang dapat diperoleh.

Dalam menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, terdapat tiga pertimbangan yang perlu diajukan.

Apakah saya mempunyai bakat ?
Apakah saya memiliki pengetahuan khusus dan pengalaman ?
Apakah saya tertarik pada kegiatan tertentu?


Jika Anda mempunyai bakat maka Anda harus menggalinya dan menghasilkan uang dari bakat tersebut. Jangan mengira bahwa penyanyi, aktor, penari dan pelawak tidak menjalan usaha. Meskipun mereka menjual bakat, mereka juga harus melakukan fungsi usaha lainnya sama seperti mereka melakukan pekerjaannya di rumah, seperti melakukan pembukuan, berhadapan dengan petugas pajak, mengiklankan jasa dan berhubungan dengan manajer bank! Jadi bila Anda memiliki bakat yang dapat dikembangkan seperti berakting atau menyanyi, fotografi atau melukis, menuju kearah profesional (going profesional) merupakan salah satu sarana untuk memperoleh penghasilan hidup dengan bekerja di rumah.

Banyak orang menjalankan usahanya dirumah dengan memanfaatkan pengetahuan atau pengalaman khusus. Sebagaimana yang telah kita ketahui, konsultan merupakan salah satu usaha di rulmahl yang tergantunlg sekali pada suatu keahlian khusus.

Bidang lain yang memerlukan keahlilan adalah penyajilan informasi. Usaha ini banyak sekali dilakukan oleh orang yang bekerja sebagai peneliti. Mereka mencari daerah perniagaan atau informasi lain bagi kliennya yang tidak mempunyai waktu atau keahlian untuk mengerjakannya sendiri.



APRESIASI

  • Berusahalah untuk mencari kegiatan yang sesuai dengan bakat yang Anda miliki, disertai pengalaman dan pengetahuan khusus atau minat khusus Anda.

  • Jika Anda ingin mengembangkan bakat; lakukan penilaian independen dan penilaian para pakar untuk pengembangan bakat Anda

  • Jika Anda ingin memanfaatkan pengetahuan khusus Anda, tuliskan seluruh keahlian dan pengalaman Anda untuk menetapkan nama yang harus Anda konsentrasikan.

  • Dapatkan penilaian independen untuk mengetahui apakah orang lain juga berpikir bahwa ide-ide bisnis Anda merupakan pilihan yang baik.


Dapatkah Anda Melakukannya ?

No comments: