Sunday, April 6, 2008

Apakah Saya Memiliki Bakat ?



Apakah Anda memiliki / mempunyai bakat yang dapat digali untuk menghasilkan keuntungan? Jika jawabannya 'ya' untuk semua pertanyaan berikut ini maka Anda tidak perlu mempertimbangkan lagi untuk memulai usaha.

Jika salah satu dari pertanyaan tersebut telah menunjukkan bahwa Anda memiliki bakat dalam bidang entertainment atau bidang artistik maka Anda tinggal memanfaatkannya. Lagipula kesenangan bekerja di rumah akan berlipat ganda jika Anda memperoleh penghasilan dari pekerjaan yang Anda senangi.

Periksa Bakat Anda
!
  1. Dapatkah Anda membuat tulisan yang baik, menarik, yang serupa dengan berita faktual atau fiksi?

  2. Dapatkan Anda memotret dan memprosesnya dengan kualitas tinggi?

  3. Dapatkah Anda bernyanyi sendiri tanpa rasa takut di depan para pendengar yang jumlahnya banyak dengan cukup baik dan mendapat sambutan?

  4. Dapatkah Anda tanpa sadar membuat orang tertawa dengan lelucon-lelucon yang Anda temukan sendiri?

  5. Dapatkah Anda menari dengan sejumlah gaya yang berbeda di depan banyak orang tanlpa rasa takut?

  6. Dapatkah Anda mendesain dan membuat pakaian sendiri yang lalu digemari orang?

  7. Dapatkah Anda bermain bilyar, bulu tangkis, tennis atau golf dengan baik dan memenangkan setiap pertandingan di depan orang banyak?

  8. Apakah Anda bergerak di bidang produksi amatir dengan standar kualitas tinggi, dipuji kritikus, dan didalamnya Anda telah menjalankan berbagai peran yang diterima dengan sangat baik?

  9. Dapatkah Anda memainkan instrument musik dengan baik dan memperoleh sambutan penonton?

  10. Dapatkah Anda menarik minat art gallery denga lukisan atau gambar Anda?

  11. Dapatkah Anda membuat barang-barang kerajianan tangan dengan kualitas tinggi?
Tetapi, bagaimana caranya Anda memenangkan persaingan jika Anda benar-benar berbakat? Keluarga Anda cenderung mengatakan bahwa nyanyian Anda sungguh mengagumkan meskipun nada suara Anda setengah datar. Mungkin teman Anda menunjukkan bahwa permainan bilyar Anda lebih bagus dari permainannya Stephen Hendry, walaupun Anda berada di peringkat kesatu juta dunia! Jadi, peraturan yang pertama adalah :
  • Jangan membiarkan teman dan keluarga Anda membodohi Anda dengan membuat Anda percaya bahwa Anda mempunyai bakat yang terpendam.
Hanya karena Anda menyenangi drama amatir, atau menulis cerita pendek, itu tidak berarti bahwa Anda akan menjadi orang yang profesional. Setiap orang yang mengembangkan bakatnya akan berjuang keras di dunia persaingan yang ketat. Hanya jika Anda benar-benar berbakat maka Anda akan tetap bertahan. Tapi apabila Anda tidak dapat mempercayai teman dan keluarga Anda, bagaimana Anda dapat memutuskan bahwa bakat Anda dapat dijual atau tidak ?


Cara yang terbaik adalah memperoleh penilaian independen ( independent assesment). Pergilah ke Audisi, ikutilah kontes bakat, sertakan cerita pendek Anda dalam suatu perlombaan, cobalah dengan berbagai cara untuk memperoleh pendapat para pakar mengenai bakat Anda. Mungkin metode terbaik untuk menguji bakat aAnda adalah dengan berusaha menjualnya. Cobalah Anda menulis sebuah artikel untuk surat kabar lokal apabila Anda merasa mampu untuk menulis atau carilah hotel lokal untuk bermain piano pada malam minggu apabila Anda menganggap bahwa Anda dapat menjadi seorang pemusik profesional. Ini akan membantu Anda mengembangkan bakat sekaligus melihat reaksi penonon, pembaca, dan kritikus. Cara lainnya adalah memperoleh pendapat dari para profesional. Mintalah seorang penulis untuk mengomentari pekerjaan amatir Anda atau mintalah pe-golf profesional untuk menilai permainan Anda. Apapun bakat Anda, para profesional akan siap membantu mengembangkannya baik yang sudah ataupun yang belum tergali. lalu peraturan yang kedua adalah :

  • Carilah penilaian independen (independent assesment) atas bakat Anda.

Back

No comments: