Saturday, May 24, 2008

MENGANALISIS PERSAINGAN

Setelah Anda menganalisis diri Anda, rumah dan posisi Anda secara ukum, masih ada satu hal lagi yang harus Anda pertimbangkan--kemungkinan persaingan yang terjadi. Persaingan yang terjadi bisa sehat, namun bisa juga menghancurkan usaha Anda. Carilah keterangan mengenai pesaing-pesaing Anda dan kemungkinan mereka mempengaruhi rencana Anda.

Pertama-tama catatlah data-data usaha yang akan Anda jalankan. Pergunakan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk membantu Anda memusatkan perhatian.

  1. Apakah Anda akan bekerja hanya untuk skala lokal atau skala nasional?
  2. Apakah Anda akan menawarkan keunggulan produk atau jasa yang tidak ditawarkan oleh pesaing yang lain?

Jika Anda bermaksud menjalankan usaha hanya untuk skala lokal, gunakan publikasi di bawah ini:
  • halaman kuning
  • buku petunjuk daerah setempat, dan
  • surat kabar lokal

Jika Anda menjalankan bisnis berskala nasional Anda akan membutuhkan petunjuk-petunjuk khusus atau publikasi perdagangan yang berhubungan dengan rencana bisnis Anda.

Jika Anda menjalankan bisnis yang berskala lokal maupun nasional, Anda harus :
  • Memeriksa publikasi-publikasi tersebut untuk pemasangan iklan dan daftar orang-orang yang mempunyai bidang usaha yang sama dengan Anda.
  • Teleponlah perusahaan-perusahaan yang mungkin menjadi pesaing Anda dan mintalah informasi mengenai mereka, produk dan jasanya ( Anda bisa berlaku sebagai seorang calon pelanggan yang potensial).
  • Mintalah brosur-brosur mengenai produk mereka dan bacalah dengan teliti.

Informasi yang Anda kumpulkan ini mungkin akan membuat Anda mengubah rencana awal Anda karena persaingan yang ketat, atau justru mendukung rencana Anda karena pesaing tidak mampu menyediakan jenis layanan yang dapat Anda tawarkan. Perpustakaan umum dapat menjadi sumber informasi. Anda harus memastikan bahwa Anda telah menyiapkan iklan-iklan dan promosi-promosi yang diberikan oleh para pesaing. Dalam hjal ini, Anda akan mampu membuat profil-profil pesaing Anda dan menilai dapat atau tidaknya rencana Anda dijalankan.


No comments: